Wednesday, 4 November 2015

Pasar online atau toko online sendiri ? Lebih baik pasar online !

November 04, 2015 Posted by Ahmad Fajar Rizki 2 comments


pasar online lebih unggul

     Bagi anda yang ingin terjun di dunia perdagangan online, anda mungkin akan berpikir untuk berdagang dengan cara membuat sebuah website untuk memasarkan dagangan anda. Tapi pertanyaannya adalah apakah itu efektif dan effisien ? Jawabannya adalah tidak, karena dengan anda membuat sebuah website anda sendiri untuk menjual barang dagangan anda, anda perlu memikirkan proses pembuatan website atau mungkin membayar orang lain untuk membuatkan website untuk anda, perlu mempromosikan website tersebut agar orang lain tahu bahwa anda menjual sebuah barang atau produk di website tersebut, kemudian anda perlu membuat website anda memiliki traffic yang banyak agar memudahkan website anda terdeteksi di mesin pencari ketika seseorang mengetikan sesuatu produk, dan lain-lainnya. Tentu saja bagi anda semua yang ingin memulai bisnis, hal tersebut sangatlah rumit, terlebih lagi jika anda baru terjun ke dalam dunia online. Lalu solusinya apa ? BERDAGANGLAH DI PASAR ONLINE ! Kenapa di pasar online ? berikut adalah beberapa alasannya :

1. Tak perlu memikirkan caranya menaikan traffic pengunjung

     Dengan anda berjualan di pasar online seperti Tokopedia, anda tidak perlu lagi memikirkan soal pengunjung karena pasar online itu sendiri sudah mempromosikan websitenya dengan berbagai macam teknik seperti SEO (Search Engine Optimization) dan SMO (Social Media Optimization) yang dilakukan oleh para ahli di bidang tersebut. Jadi yang anda lakukan hanyalah membuka lapak di pasar online tersebut dan melakukan penjualan disana karena pasar yang anda tempati sudah teroptimasi di search engine dan bisa dipastikan banyak pengunjung yang berdatangan ke pasar tersebut.

2. Tak perlu memikirkan cara beli dan jual barang

     cara pembelian dan penjualan merupakan sesuatu hal yang penting dalam sebuah transaksi pembelian dan penjualan barang. Namun dengan kita berjualan di pasar online, mereka sudah menyediakan cara-cara pembelian maupun penjualan yang berlaku dipasar mereka. Bayangkan jika anda membuat sebuah website toko online sendiri, anda harus memikirkan alur penjualan dan pembelian di website tersebut. Terlebih lagi selain anda yang memikirkan alurnya, anda juga yang harus membuat websitenya dengan alur seperti itu, saya jamin anda pasti pusing.

3. Tak perlu memikirkan biaya domain dan hosting website

     Yang perlu anda ketahui, sebuah wesite memerlukan yang namanya domain dan hosting. Tanpa ada kedua hal tersebut, anda tidak akan dapat membuat sebuah website. Banyak sekali jasa yang menyediakan domain dan hosting, tetapi yang perlu digaris bawahi itu semua tidak gratis ! Ada yang memberikan harga ratusan ribu perbulan hanya untuk sewa domain, belum lagi sewa hostingnya. Oleh karena itu, bisa dipastikan tiap bulannya anda mengeluarkan biaya untuk sewa domain dan hosting yang ada. Tapi jika anda membuka toko di pasar online, biaya-biaya tersebut yang menanggung adalah pemilik pasar online itu sendiri. Jadi anda tidak perlu lagi melakukan pembiayaan terhadap website sehingga pendapatan anda tiap bulannya bisa maksimal.

     Jadi anda masih mau membuka toko online sendiri atau bergabung dengan pasar online yang ada ? pilihan saya serahkan kembali ke anda semua. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan tentang kelebihan dari pasar online di banding toko online.

2 comments:

  1. Bener gan.. Informasinya sangat bagus dan membantu..

    ReplyDelete
  2. bagi saya kalau mau bisnis besar dan mau fokus memasarkan produk di internet, maka sebaiknya buat toko online aja..

    ReplyDelete